CRYSIS WARHEAD

Posted: Desember 14, 2010 in Tweak, tweet, tweek!

Penerbit/ Pengembang :EA/Crytek
Minimum Specification (copas dari Readme Filenya):

OS: Windows XP with Service Pack 2 or Windows Vista

Windows XP:

· CPU: Intel P4 2.8 GHz / AMD Athlon 2800+ / Intel Core 2 Duo 2.0 GHz
or higher

· RAM: 1.0 GB

· Hard Drive: 12 GB or more of free space

· Video: NVIDIA 6800 GT 256 MB / ATI 9800 Pro 256 MB or better

· Sound: DirectX 9.0c compatible sound card

Testing PC specification :
Win XP 32 bit,Athlon X2 4800+,1,7GB RAM, HD 3200 256 MB, Catalyst 9.10, AMD FUSION (ADVANCED PROFILE) ON, RAM Optimisation with HLP Free Memory Optimizer

Pada saat pertama kali memutuskan memesan game ini, saya sempat ragu dan bahkan sama sekali tidak yakin PC saya bisa memainkannya dengan lancar pada resolusi 1024 x768.  Benar saja, ketika saya cek di readme  salah satu file confignya, GPU saya tidak termasuk yang disupport bahkan mungkin termasuk below requirement karena onboard. Sudahlah, dicoba dulu aja, siapa tahu bisa lancar maennya.

Pada in game setting bagian graphic saya pilih opsi untuk mendeteksi otomatis kemampuan system saya. Ternyata didapatkan setting mainstream secara keseluruhan (lihat di tab advanced) pada resolusi 1024 x 768 dengan vsync off dan AA off. Lumayan,pikir saya pasti maennya lancar. Mulai new game, selesai movie, masuk ke ingame cutscene dan eng ing eng…. Slow mo. Pasti cuman di cut scene, pikir saya masih berusaha tetap positive thinking. Masuk ke game, OK memang frame rate lumayan (mungkin 15 an FPS) tapi tekstur graphic nya rendah. pause game, ternyata game ini settingan grafisnya bisa diubah Onthe Fly tanpa restart. Coba – coba deh.

Pertama ubah tekstur dulu dari setting mainstream ke gamer (tertinggi enthusiast),nunggu 5 menit ternyata gambar tekstur udah gak blur lagi (artinya udah masuk ke high res), cuman frame rate total ancurnya. OK, OK, coba turunin dulu setting volumetric effect (buat detail asap dan awan) dari mainstream ke minimum. Sejurus kemudian awan di langit jadi hilang, terus asap kebakarannya tidak terlalu tebal, yap bisa dimaklumi, toh maen game gak lihat ke atas terus. Tapi frame rate nya gak banyak berubah, tetap slow mo…

Oke turunin lagi setting game effects ke minimum, motion blur off, sound ke low, massih tetap lambrett. Ok semua settingan ke minimum deh kecuali tekstur di settingan Gamer, shadow sama object detail di mainstream . Yap ternyata frame rate masih gak memuaskan, belum lagi visualnya ancur. Akhirnya set shadow ke minimum, ternyata frame rate OK, tapi visualnya tambah garing. Jurus terakhir set ke reso 800×600 (resolusi terendah yang didukung CRYSIS), semua kembali ke mainstream kecuali texture, ah lancar tapi tentu saja low res bukan jadi tujuan.

Waktunya utak atik file config di folder installannya. Ternyata ada dua lokasi utama file config,
DI mydocuments\my games\Crysis_WARHEAD, nama filenya game.cfg, untuk mengedit klik kanan aja pilih open with notepad. Menurut keterangan di dalamnya lebih baik settingan di sini jangan dirubah, karena dihasilkan secara otomatis sewaktu kita mengubah settingan in game. Isinya juga cuman setting secara global yang kita pakai untuk beberapa parameter seperti resolusi, object detail. Khusus untuk object detail, volumetric fog dan lain sebagainya yang berhubungan dengan setting grafis secara mendetail, diwakili oleh angka 1-4. Dimana angka 1 mewakili setting minimum ,2 mainstream, 3 Gamer , 4 enthusiast.
Di folder installnya yaitu x:\ Electronic Arts\Crytek\Crysis WARHEAD\Game\config\CVarGroups(dengan x adalah drive tempat instalasinya). Di dalam folder ini ada banyak sekali file config yang mewakili setting masing- masing effect tertentu.

Saatnya untuk tweaking, ada dua file yang saya fokuskan pada tweaking kali ini. Yaitu file sys_spec_Texture.cfg dan sys_spec_Shadows.cfg.

  1. sys_spec_Texture.cfg, isi file ini adalah :
    Code:
    [default]
    ; default of this CVarGroup
    = 4
    
    sys_LowSpecPak=0
    r_TexSkyResolution=0
    r_ImposterRatio=1
    r_EnvCMResolution=2
    r_EnvTexResolution=3
    r_DynTexMaxSize=80
    r_TexAtlasSize=2048
    r_DynTexAtlasCloudsMaxSize=32
    r_DynTexAtlasSpritesMaxSize=32
    r_VegetationSpritesTexRes=64
    r_TexturesStreaming = 2
    
    [1]
    sys_LowSpecPak=1
    r_TexSkyResolution=1
    r_ImposterRatio=2
    r_EnvCMResolution=0
    r_EnvTexResolution=1
    r_DynTexMaxSize=50
    r_TexAtlasSize=512
    r_DynTexAtlasCloudsMaxSize=24
    r_DynTexAtlasSpritesMaxSize=16
    r_TexturesStreaming = 0
    
    [2]
    sys_LowSpecPak=1
    r_ImposterRatio=1.5
    r_EnvCMResolution=1
    r_EnvTexResolution=2
    r_DynTexMaxSize=60
    r_TexAtlasSize=1024
    r_DynTexAtlasCloudsMaxSize=24
    r_DynTexAtlasSpritesMaxSize=16
    r_TexturesStreaming = 0
    
    [3]
    r_TexAtlasSize=1024
    r_DynTexAtlasCloudsMaxSize=24
    r_DynTexAtlasSpritesMaxSize=16
    r_VegetationSpritesTexRes=32
    
    ; "sys_LowSpecPak" is either using lowspec.pak which has textures with half size or emulating that by
    ; changing "r_TexResolution" and "r_TexBumpResolution"
    ; those cvars should not be used here

    Menurut keterangan paling bawah, ternyata Crysis menggunakan 2 paket tekstur. Low (1/2 dari resolusi tekstur high)untuk setting tekstur minimum dan mainstream, high untuk setting gamer dan enthusiast. Yang perlu kita perhatikan adalah angka angka dalam []. Masing- masing angka mewakili tingkat settingan minimum untuk 1, mainstream untuk 2 dan seterusmya. Jadi apabila parameter yang kita edit pada file di atas adalah parameter di bawah [3](seperti yang saya lakukan kali ini), maka perubahan baru akan tampak jika settingan tekstur in game (melalui graphic option) kita set ke Gamer. Sedang kan settingan paling atas sebelum [1] adalah nilai default keseluruhan parameter yang ada pada semua setingan(dan juga settingan tertinggi untuk enthusiast)yang tidak akan berubah apabila di bawah [] yang kita edit tidak dicantumkan parameter dan nilai perubahannya.

    OK, sebelum dirubah nilai default di bawah [3] pada system yang saya pakai adalah:

    Code:
    [3]
    r_TexAtlasSize=1024
    r_DynTexAtlasCloudsMaxSize=32
    r_DynTexAtlasSpritesMaxSize=24

    kemudian saya rubah dengan mengubah menjadi r_DynTexAtlasCloudsMaxSize=24, dan r_DynTexAtlasSpritesMaxSize=16 dan menambahkan parameter r_VegetationSpritesTexRes=32 (dari nilai default 64) parameter ini berfungsi menurunkan resolusi dari sprite dedaunan game ini. Akibatnya luar biasa, frame rate yang didapat meningkat drastis.

  2. sys_spec_Shadows.cfg, untuk file ini saya langsung mengubah settingan di bawah [2] dari nilai default :
    Code:
    [2]
    e_shadows_max_texture_size=512
    r_ShadowJittering=1
    r_ShadowBlur=0
    e_gsm_lods_num=3
    e_shadows_cast_view_dist_ratio=0.45
    r_ShadowsMaskResolution=0
    e_shadows_on_alpha_blended=0
    e_shadows_from_terrain_in_all_lods=0
    e_gsm_cache = 1

    menjadi :

    Code:
    [2]
    e_shadows_max_texture_size=256
    r_ShadowJittering=0
    r_ShadowBlur=0
    e_gsm_lods_num=3
    e_shadows_cast_view_dist_ratio=0.30
    r_ShadowsMaskResolution=0
    e_shadows_on_alpha_blended=0
    e_shadows_from_terrain_in_all_lods=0
    e_gsm_cache = 1

    parameter e_shadows_max_texture_size =256 berfungsi mengurangi resolusi shadow yang dihasilkan, sedangkan r_ShadowJittering=0 untuk menghilangkan anti aliasing pada shadow. Sementara e_shadows_cast_view_dist_ratio=0.30 mengurangi jarak bayangan yang dirender dari kita, semakin kecil nilainya tentu saja semakin sedikit objek di kejauhan yang bayangannya di render sehingga bisa menambah frame rate.

Untuk settingan lain seperti physic,object detail,partikel secara in game saya atur ke mainstream,sementara volumetric ke minimum, motionblur ke off. Saya belum sempat mengutak atik file config yang lain satu persatu dan memeriksa pengaruhnya pada frame rate, namun kalo sudah saya akan update di sini. Jangan lupa kalo rekan- rekan gamexeon ada yang mau bagi-bagi atau nambahin juga langsung aja jangan ragu- ragu share di sini!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s