Kesan & Pesan FIFA 12 Demo

Posted: September 28, 2011 in Opini dan Ipini!
Tag:, , , ,

Hap, awas Rooney! Banyak lalat!

Penerbit/ Pengembang : EA Sports/ EA Canada

Rilis : September 2011

Minimum Requirement :

CPU: CPU with Dual core processor (Core duo 2 or better), Intel Core2Duo @ 1.8Ghz

RAM: 1 Gigabyte of RAM (2 GB required for Windows® Vista / Windows® 7) VGA: ATI Radeon™ HD 3600, NVIDIA GeForce 6800 GT, Intel’s Sandy Bridge (HD Graphics 2000) and Ivy Bridge (HD Graphics 3000) DirectX® 9.0c Compatible 3D accelerated 256 MB video card or equivalent (must support Shader Model 3.0 or above)

DX: DirectX® 9.0c

OS: Windows® XP SP2, Windows® Vista, Windows® 7

 HDD: Approximately 8 GB hard drive space (Depending on the language chosen)

Sound: DirectX® 9.0c Compatible Sound Card Resolution: 32 bit **

ODD: DVD-ROM drive Network: 512Kbps or greater broadband connection for online gameplay

Recommended peripheral: MS compatible mouse, Keyboard

Note: * Note that Windows® 95, Windows® 98, Windows® 2000, Windows® ME, and Windows® NT 4.0 are not supported. ** Please note that 16 bit color is not supported

Jujur saja, sebagai pemain PES (atau Winning Eleven) semenjak di PS One saya sedikit skeptis mengenai game ini! Selain harus mengubah kebiasaan lama, saya juga harus menyesuaikan diri dengan apa yang banyak dikatakan orang bahwa game ini terlalu mudah. Namun setelah 2 minggu memainkan demo game ini dengan intensif, persepsi saya sedikit banyak mulai berubah secara perlahan. Memang, game ini terlalu mudah! Tapi, jika kita berani mengubah setting default kontrol dari game ini (dari assisted/otomatis  menjadi manual atau semi), maka tantangan baru benar- benar terasa!

Pertama- tama , kesan yang saya tuliskan pada post ini didapat dengan mengubah setting bantuan kontrol (tekan Y pada layar pilihan kontroler) sebagai berikut :

Lob Pass assistance manual, through pass assisted, shot manual, switch player airballs, sedangkan opsi sisanya pada semi ! Setting tombolnya sendiri saya ubah sepenuhnya agar sama persis dengan PES (maklum, kebiasaan lama sulit diubah :D)

OK, pertama-tama kesan saya dari segi grafis adalah kecewa!  Wajah pemain kurang digarap dengan baik  dan tekstur yang digunakan terlalu mulus (beda dengan PES yang grafik wajah pemainnya digarap dengan detil ketika di close up). Meskipun demikian, demo ini mendukung setting anti aliasing secara langsung (PES harus di anti alias lewat Control panel driver VGA kita) sehingga grafis pemain bebas dari gerigi tajam yg mengganggu pemandangan he..he..!

Sementara dari segi animasi sendiri, gerakan pemain terlihat luat biasa dan natural! Pemain memang terasa lebih “ringkih” dibandingkan pada PES, tetapi semuanya terlihat alami meski terkadang sedikit aneh bagi yang terbiasa melihat animasi PES! Namun sayangnya,dari kejauhan, semua pemain terlihat sama ! Berbeda dengan PES yang bisa membuat kita bisa membedakan pemain lewat animasi gerakannya, pemain pada FIFA 12 terlihat generik alias sama semua! Akibatnya,kita tidak akan bisa membedakan mana Messi atau iniesta ketika sedang membawa bola kecuali jika kita lihat langsung namanya!

Selanjutnya yang paling penting adalah gameplay itu sendiri! Saran saya, jangan lewatkan sesi tutorial pada awal demo ini dimulai! Semuanya dijelaskan dengan baik, termasuk cara merebut bola yang disebut tactical defending! Berbeda dengan PES (atau seri FIFA sebelumnya) , perebutan bola harus diperhitungkan dengan seksama serta tidak otomatis (kecuali jika kita ubah setting kontrol ke legacy). Kita hanya bisa mengawal atau menjaga pemain lawan dengan menekan tombol contain, untuk merebut bola tekan tombol tackle. Salah perhitungan ketika menekan tombol, maka pemain lawan akan melenggang kangkung tanpa bisa dihentikan!  Untuk fitur yang lain, sebenarnya hampir mirip dengan PES, mulai dari memerintahkan rekan setim untuk mengawal lawan atau menghalangi lawan dengan tombol jockey. Oya, karena shot saya setting ke manual, maka untuk memasukkan bola ke gawang luar biasa sulit! Saran saya ubah setting ke semi (jangan assisted, karena terlalu gampang)

Kesimpulannya, bagi kita yang menginginkan tantangan baru, game ini akan memberikan banyak hal baru untuk ditaklukkan!  Satu hal yang membuat saya tenggelam dengan game ini adalah karena perbedaannya dengan PES yang sangat jauh secara gameplay! Perasaan puas ketika berhasil mencetak gol atau mentackling lawan benar- benar terasa !

Saran saya : coba demonya, jika merasa tertantang (meskipun jarang menang, seperti saya :P) dapatkan full gamenya!

Bagaimana menurut rekan- rekan semua??

Komentar
  1. prima mengatakan:

    cara rebut bola gimana?

  2. aclak mengatakan:

    Gampang,gan! Tahan tombol contain (default A pada controller x360) sambil mengarahkan pemain ke musuh, jika dirasa timing udah pas (tergantung insting aja) tekan X di depan pemain lawan yang bawa bola!

    Makasih gan udah mampir!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s